Wednesday, February 15, 2017

Mencoba FreeCAD, Parametric 3D CAD yang Free (1)


Contoh model 3 dimensi yang dibuat di FreeCAD

sugengrdiary.blogspot.com - Bagi anda yang bergerak di dunia teknik (teknik mesin, desain produk, arsitektur, sipil, dll.) biasanya sudah tidak asing lagi dengan software CAD (Computer Aided Design). Beberapa nama yang cukup familier di telinga antara lain: AutoCAD, CATIA, Autodesk Inventor, PTC Creo Parametric (dulu dikenal dengan nama Pro/ENGINEER), Siemens NX (dulu dikenal dengan nama NX Unigraphics), SolidWorks, DraftSight, Altair solidThinking Inspire/Evolve, Autodesk PowerShape, ANSYS SpaceClaim, dll.

Selain nama-nama di atas yang merupakan software komersial alias harus dibeli, ternyata ada juga software CAD yang free/gratis. Sifatnya yang free ini membuat penasaran penulis untuk mencobanya. Cukup andalkah? Artikel ini akan membahas salah satu software CAD dengan lisensi free tersebut, namanya FreeCAD.
 
FreeCAD 0.16 versi Windows 64 bit

Apa itu FreeCAD?
FreeCAD merupakan software untuk membuat model parametric 3D. Istilah parametric berarti dalam membentuk model yang ingin dibuat, tersedia fitur untuk mengisikan parameter/ukuran-ukuran sesuai ukuran nyata dari model yang diinginkan. Tahap-tahap pembuatan model serta parameter yang diisikan akan direkam dalam bentuk histori. Dengan adanya histori serta parameter, maka proses modifikasi dari model dapat dilakukan dengan mudah.

Parametric, mengubah ukuran objek lewat parameter yang diisikan di kotak dialog.
Memudahkan dalam proses pengeditan.


Histori, mencatat perintah-perintah yang digunakan pada saat merancang suatu model.

FreeCAD juga merupakan software open-source dengan lisensi LGPL. Open-source berarti kode sumber asli dari software tersebut tersedia secara gratis dan boleh didistribusikan dan dimodifikasi sendiri. Software dirancang bisa jalan di beberapa sistem operasi yaitu Windows, Mac, dan Linux. Rilis paling awal yaitu release 0.11 muncul pada bulan Maret 2011. Versi stabil paling akhir saat ini adalah release 0.16 yang dikeluarkan pada April 2016.

FreeCAD sebenarnya dirancang untuk teknik mesin dan desain produk, namun demikian bisa juga diaplikasikan secara lebih luas di dunia teknik lain seperti arsitekur atau keahlian khusus lain di bidang teknik.

Walaupun bersifat free, tetapi kelengkapan dari software ini patut diacungi jempol. Beberapa modul atau sering disebut dengan istilah workbench bisa dijumpai di FreeCAD, contohnya: Sketcher, Part Design, Part, Drawing, Draft, FEM, Path, dll.


Modul/workbench yang ada di FreeCAD.

Bagaimana dengan fitur? Fitur-fitur dan alat-alat gambar (tools) yang ada di software ini jika diperhatikan dengan saksama sangat mirip dengan software komersial semacam CATIA, SolidWorks, atau Solid Edge. Bagi anda yang sudah mahir dengan software-software diatas, maka penulis jamin tidak akan banyak menemui kesulitan saat mencoba sendiri FreeCAD.

Itulah informasi sekilas tentang FreeCAD. Informasi lebih lengkap bisa dibaca di https://www.freecadweb.org

Tulisan selanjutnya (bagian 2) akan membahas tentang instalasi dan contoh penggunaan dari FreeCAD.